Contoh Dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email

blogger templates
Selamat pagi,siang.sore dan malam, kali ini saya akan memberikan tips tentang cara dan contoh mengirim surat lamaran via email. Seperti kita tahu, semakin modern nya jaman dan perkembangan dunia teknologi Informasi, maka disana kita mendapatkan kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya yakni melamar pekerjaan.

Dahulu kala saat Teknologi Informasi dan penggunaan internet masih minim, untuk mencari dan melamar pekerjaan kita masih secara manual, yakni setiap hari sabtu kita membeli koran karena di hari sabtu banyak sekali informasi mengenai lowongan pekerjaan, kemudian setelah mendapatkan informasi yang tepat, kita langsung menyiapkan berkas-berkas seperti surat lamaran kerja, surat keterangan riwayat hidup atau CV dan foto copy identitas dan ijazah sebagai pendukung. Kemudian langsung menuju prusahaan yang akan kita lamar dan menyerahkannya, biasanya dititipkan di resepsionis atau di Satpam. Atau anda langsung menuju Kantor POS untuk memposkan surat lamaran anda.

Saat ini, mencari dan melamar pekerjaan cukup dengan duduk dirumah saja, hanya menggunakan laptop yang tersambung dengan internet, kemudian cari informasi lowongan kerja terbaru, biasanya di situs-situs penyedia lowongan kerja malah lebih simpel, kita tinggal menjadi anggota di situs tersebut, mengupload semua berkas, kemudian setiap kali ada lowongan pekerjaan langsung di kirimkan otomatis. Nah bagaimana bagi yang awam melamar kerja melalui email internet?

siapan berkas yg telah discan, jika belum silahkan discan dahulu di foto copy atau dimana saja
1. IJAZAH
2.TRANSKIP NILAI
3. KTP
4.SKCK
5.KARTU KUNING
6.SURAT DOKTER 
7.SARTIFIKAT JIKA ADA

Download dahulu file lamaran kerja disini

1. cara dan contoh mengirim surat lamaran via email:

Untuk contoh surat lamaran Pekerjaan anda bisa melihatnya di artikel sebelumnya tentang Contoh Surat Lamaran pekerjaan lengkap terbaru 2014. kemudian untuk contoh surat CV atau Daftar riwayat hidup bisa dilihat di artikel sebelumnya. Kedua surat tersebut sobat bisa di save di file Ms.Word atau sobat bisa merubahnya kedalam file PDF. Kemudian sertakan Scan dokumen pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah terakhir dan Transkip nilai, sertakan juga dokumen pendukung seperti sertifikat dan lain-lain. Ingat,s emuanya di scan, kalau biasanya kan di foto copy. Kalau gak punya alat scan nya, sobat bisa ke rental komputer terdekat.

Setelah semuanya beres, sobat harus punya email terlebih dahulu. Saya anggap sobat udah punya email dengan akun Gmail. Caranya:

1. masuk ke email http://mail.google.com, setelah terbuka, maka klik "TULIS" yang berwarna merah disamping kiri.

cara mengirim surat lamaran via email

KLIK TULIS

cara mengirim surat lamaran dengan email

Tuliskan alamat email Tujuan kemudian CC: dengan Subjek :LAMARAN PEKERJAAN

2. Menngunakan akun www.Yahoo.com, Tuliskan alamat email tujuan, kemudian CC: Lamaran Pekerjaan.

cara kirim surat lamaran dengan email

3. Jika semua file sudah disiapkan dan disimpan dalam sebuah forlder, maka selanjutnya klik tombol "Lampiran File" atau "Opsi Lampiran". Setelah itu pilih File surat lamaran dan berkas lainnya yang tadi.

cara mengirim surat lamaran kerja dengan email


4. Klik Open, dan Tunggu sampai file surat lamaran kerja anda ke upload ke email 

melamar pekerjaan secara onlinesemua:

5. Setelah itu, jika semuanya sudah dirasa benar, maka tinggal Klik "KIRIM", maka surat lamaran anda sudah terkirim ke alamat email tujuan.

Saran:
Sebaiknya upload semua berkas satu persatu, pertama, surat lamaran kerja, kemudian surat keterangan riwayat hidup atau CV, kemudian, Scan KTP, Ijazah, Transik Nilai dan file foto diri anda. Setelah semuanya terupload, sobat tinggal klik tombol kirim. Selesai, tinggal nunggu pangglan wawancara.

0 Response to "Contoh Dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email"

Post a Comment